Cara Mengatasi Certificate dan SSL Connection Error Pada Saat Akses https://mail.usahid.ac.id

  • 0

Cara Mengatasi Certificate dan SSL Connection Error Pada Saat Akses https://mail.usahid.ac.id

Category : Internet Tips

Error MozillaApabila terjadi kesalahan dalam sambungan ke https://mail.usahid.ac.id dan muncul peringatan error seperti disamping ini (Kode kesalahan: ssl_error_weak_server_ephemeral_dh_key). Maka untuk Mengatasi “SSL Connection Error” pada saat mengakses email USAHID ada beberapa cara diantaranya adalah sebagai berikut :

Kesalahan seperti ini biasanya disebabkan karena banyak faktor, seperti kadaluarsa-nya sertifikat web tersebut dan terkadang juga gara-gara aktivitas malware.

A.) Cara tepat mengatasi masalah ini pada Mozilla Firefox adalah :

1. Pilih Pengaya pada bagian pengaturan mozilla firefox

01_firefox

2. Pada bagian pencarian ketik “DHE”

02_firefox

3. Pilih pengaya “Disable DHE” kemudian click tombol pasang, dan tunggu proses instalasi pengaya baru selesai.

03_firefox

4. Setelah pengaya baru terpasang maka kembali ke halaman https://mail.usahid.ac.id yang error tadi kemudian click tombol “Coba Lagi” atau refresh halaman browser anda (tekan F5)

04_firefox

5. Dan anda sudah bisa mengakses email USAHID kembali. Terima kasih.

05_firefox

B.) Untuk mengatasi masalah ini pada Google Chrome adalah :

1. Periksa Waktu dan Tanggal pada komputer anda.

Terkadang melencengnya waktu juga dapat membuat kondisi sertifikat keamanan web yang anda akses seakan-akan sudah expired. Nah untuk membetulkannya silahkan klik kanan tampilan jam di pojok layar anda lalu pilih adjust date/time.

2. Bersihkan cache dan cookie pada browser.

2_cr

Selain membuat startup browser anda lambat, keberadaan offline browsing data juga bisa menggangu aktivitas browsing juga, dan bila pada solusi pertama anda tidak berhasil maka cobalah cara yang satu ini. Untuk membersihkannya, anda bisa menekan tombol kombinasi Crtl+Shift+Delete.
 
3. Tambahkan argumen khusus pada shortcut Google Chrome.
Diantara dua solusi sebelumnya, ini adalah solusi yang tepat untuk mengatasi error pada google chrome, yaitu dengan menambahkan command-line flag/argumen pada shortcut Google Chrome. Caranya?
 
a) Click kanan shortcut Google Chrome lalu pilih properties
 
b) Pada kolom target, tambahkan kata –ignore-certificate-errors pada akhir kalimat dan dibatasi dengan satu spasi, sehingga menjadi seperti ini:
 
c) Klik OK dan coba jalankan Google Chrome.
Dan jika semua solusi diatas tidak bisa maka coba jalankan full scan pada sistem. Gunakanlah antivirus tipe internet security untuk mengatasi hal seperti ini.


 


Leave a Reply

About Author

admin